Senin, 16 Agustus 2010

Blog satu topik VS blog beragam topik


Oke kali ini saya Posting Blog Satu Topik vs Blog Beragam Topik,Artikel Iinisaya kutip dari Blogodolar.yang dalam  postingan ini saya memaparkan kekuatan dan kelemahan blog satu topik (fokus) dan blog beragam topik (dikenal juga sebagai blog gado-gado). Pemaparan ini berdasarkan beberapa referensi dan pengalaman saya yang memiliki blog satu topik dan blog gado-gado.

Blog Satu Topik

Kekuatan:
1. Menjadi blog otoritas. Peluang blog satu topik menjadi blog otoritas sangat besar. Sebagai contoh, coba simak Problogger. Blog milik Darren Rowse ini menjadi salah satu blog otoritas di bidang make money blogging karena fokus kepada seluk beluk make money blogging, mulai dari membuat konten sampai cara memonetisasinya.
2. Memiliki pembaca setia. Blog satu topik memiliki banyak pelanggan setia, baik via bookmark ataupun berlangganan. Hal ini karena pembaca bisa dengan mudah memahami konten yang dibutuhkannya.
3. Memiliki Branding. Karena fokus, blog jenis ini memiliki branding yang kuat. Dampaknya adalah mudah diingat dan banyak direkomendasikan oleh blog yang bertopik sama.
4. Bernilai tinggi di mata pengiklan. Salah satu cara memperoleh uang dari blog adalah dengan memasang iklan banner sponsor. Umumnya, para pemasang iklan melirik para pembaca tertarget demi efesiensi dan efektivitas produk atau jasa yang diiklankannya.

Kelemahan:
1. Memerlukan waktu relatif lama untuk menjadi blog otoritas. Untuk menjadi blog otoritas di satu topik, Anda perlu banyak waktu untuk membuat konten-konten yang unik dan bermanfaat. Coba saja Anda amati usia-usia blog otoritas seperti Problogger, Blogguebo, O-om, dan lain-lain. Usia mereka umumnya lebih dari 2 tahun.
2. Membutuhkan energi yang banyak. Selain waktu, Anda juga butuh energi yang banyak untuk mengelola blog satu topik. Mulai dari membuat konten sampai berinteraksi dengan pembaca.
3. Trafik relatif sedikit. Karena topiknya fokus, maka pangsa pasarnyapun tertentu. Dengan demikian, trafiknya relatif lebih sedikit dibanding blog gado-gado yang usianya sama atau lebih muda.

Blog Beragam Topik

Kekuatan:
1. Pengunjung relatif banyak. Dengan luasnya topik yang dipilih, maka Anda akan memiliki banyak pangsa pasar untuk menjaring pengunjung, baik dari mesin pencari maupun dari situs-situs sosial.
2. Kontennya mudah dibuat. Postingan blog gado-gado relatif mudah dibuat dan banyak referensinya. Dengan demikian, waktu dan energi yang dibutuhkan lebih sedikit. Sebagai gambaran, saya butuh waktu 10 menit untuk membuat sebuah postingan di Blogotainmen, namun saya butuh waktu berjam-jam untuk membuat sebuah postingan di Blogodolar.

Kelemahan:
1. Sukar menjadi blog otoritas. Dengan banyaknya topik yang dibahas, blog gado-gado akan sukar menjadi blog otoritas.
2. Sedikit memiliki pembaca setia. Umumnya pembaca akan bingung berlangganan karena luasnya topik yang dibahas dan kontennya tidak unik.
Seperti Anda lihat, blog satu topik dan blog beragam topik memiliki keuntungan dan kelemahan. Mana yang cocok bagi Anda?

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 komentar: on "Blog satu topik VS blog beragam topik"

Blogger mengatakan...

Get daily suggestions and instructions for making $1,000s per day ONLINE totally FREE.
SUBSCRIBE TODAY

Posting Komentar

Buat siapa saja yang suka dengan artikel saya, silahkan anda share di mana saja anda suka (blog, facebook, twitter dll). Namun, bila berkenan mohon cantumkan link sumber dari artikel yang sobat blogger share (copy/paste). Mari bangun Indonesia lebih baik lagi, dengan berbagi informasi yang bermanfaat. Terima kasih,,^o^
======================================================

Next Prev home