Senin, 16 Agustus 2010

Menghadapi kejenuhan blogging

Beberapa hari dengan titik jenuh yang menyerang membuat saya kesulitan merangkai kata yang tepat untuk postingan saya. Biasanya hanya butuh maksimal setengah jam untuk membuat posting yang saya nilai baik dan mampu mengarahkan pembaca, namun akhir-akhir ini memang saya membutuhkan waktu lebih dengan sering terpotongnya ide di tengah penulisan posting. Oke... saya sadari semua blogger akan mengalami apa yang dinamakan titik jenuh, masa-masa tanpa ide dan masa-masa dengan beban pertanyaan, "Apa yang harus saya lakukan dengan blog saya?".


Menanggapi permasalahan di atas, saya mempunyai beberapa tips mengapa saya bisa posting setiap hari bahkan di masa jenuh saya. Semoga setelah membaca postingan ini, blog Anda bukanlah lagi blog terlantar melainkan blog dengan semangat update tinggi.

Semua komunitas Blog Mengalami Masa Jenuh 
Yang pertama Anda lakukan adalah menghilangkan kecemasan Anda. Ketika seseorang mengidap suatu penyakit yang dirasa aneh dia akan frustasi, namun begitu tahu dia bukanlah satu-satunya maka akan ada sedikit rasa tenang karena ia berpikir 'Tak Sendirian'. Jadi yakinlah yang mengalami penyakit 'jenuh blogging' bukan hanya Anda namun semua blogger bakal mengalaminya. Setiap orang dengan segala macam bagian kehidupannya masing-masing akan menemui titik jenuh. Tak peduli dengan hal yang sangat menyedihkan atau sebaliknya dengan hal-hal yang sangat menyenangkan bahkan kegemarannya.

Jangan Lupa Beristirahat
Tidak ada yang baik dari sesuatu yang berlebih. Oleh karena itu jangan forsir tenaga Anda hanya untuk blogging. Rasa kejenuhan diakibatkan justru karena rasa berlebihan. Blogging sewajarnya. Aturlah jadwal kapan Anda harus blogging dan kapan Anda harus beristirahat.

Browsing
Jika saya bosan dan kehabisan ide, maka yang saya lakukan adalah browsing. Rajinlah browsing karena Anda akan menemukan banyak hal dan itu akan menginspirasi Anda. Jangan hanya membaca hal-hal yang berkaitan dengan topik blog Anda yang biasanya Anda cari, namun bacalah juga berita lain seperti update berita terbaru dan pengetahuan terbaru. Browsing memberikan inspirasi buat Anda...

...kehabisan ide, maka yang saya lakukan adalah browsing...

Jangan Lupakan Dunia Nyata
Hal kurang baik dari seorang blogger adalah mereka sibuk blogwalking dan melupakan dunia nyata. Saya meluangkan waktu lebih banyak untuk dunia nyata saya ketimbang di depan komputer. kita bisa saja melakukan chting setiap waktu, namun saya melakukannya tidak terlalu lama. Hanya mengambil beberapa jam dan kemudian kembali ke aktivitas di dunia nyata hanya untuk sekedar bercerita dengan tetangga atau bersilaturahmi. Jangan lupakan dunia nyata jika Anda ingin selalu menyegarkan otak Anda..

Menyimpan Beberapa Postingan
Jika Anda menyadari suatu saat akan ada masa jenuh, sudah seharusnya Anda mempersiapkan semuanya. Membuat beberapa postingan sekaligus di saat Anda fresh dan menyimpannya saja. Anda dapat mempublishkannya disaat Anda menginginkannya nanti.

Guest Blogger
Ketika saya jenuh dan tak ada ide, maka guest posts akan bekerja sangat baik untuk saya. Oleh karena itu cari guest blogger untuk blog Anda sehingga mereka bisa membantu Anda posting. Blogger-blogger master selalu mengambil libur beberapa hari sementara blog mereka tetap update. Anda beristirahat dan giliran blogger tamu Anda yang memposting untuk blog Anda.

Saya selalu menekankan kata 'update; sebagai kunci keberhasilan blog Anda. Namun, saya tidak memaksa Anda untuk update setiap harinya sementara Anda tidak mempunyai ide lagi hari kedepan. Yang pasti Anda harus update secara stabil. Hanya saja akan lebih baik lagi jika Anda sedikit memaksakan untuk update setiap  jika Anda mampu untuk hasil terbaik namun dengan tetap mempertahankan bobot artikel Anda...

Semoga bermanfaat, masa jenuh menyerang semuanya dan kita bisa melawannya....

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Menghadapi kejenuhan blogging"

Posting Komentar

Buat siapa saja yang suka dengan artikel saya, silahkan anda share di mana saja anda suka (blog, facebook, twitter dll). Namun, bila berkenan mohon cantumkan link sumber dari artikel yang sobat blogger share (copy/paste). Mari bangun Indonesia lebih baik lagi, dengan berbagi informasi yang bermanfaat. Terima kasih,,^o^
======================================================

Next Prev home