Senin, 09 Agustus 2010

Teknologi Militer

Pesawat Kepresidenan Amerika


Mungkin mimpi barangkali presiden Indonesia punya pesawat khusus sekaliber Air force one. Beli mobil untuk mentri aja ribut, apa lagi pesawat?

Kita intip saja pesawat kepresidenan Amerika yang lebih di kenal dengan sebutan "Air force one". Sebenarnya Air force one itu adalah nama panggilan radio oleh pilot dan menara pengawas bandara untuk men identifikasi pesawat kepresidenan Amerika tersebut.

Pesawat kepresidenan Amerika yang di gunakan adalah jenis Boeing 747-200B. Pesawat kepresidenan Amerika ini ada dua dengan kode 28000 dan 29000.

Sebagai pesawat kepresidenan, tentu pesawat ini di lengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari inteior yang super nyaman sampai masalah keamanan yang super ketat.

Spesifikasi Pesawat Kepresidenan Amerika

Air force one di gerakan empat mesin jet General Electric CF6-80C2B1 yang masing -masing bertenaga 56.700 pon. Berikut data - data lengkap tentang peswat amerika
Panjang70.7 meter
Tinggi19,3 meter
Bentang sayap59.6 meter
Kecepatan630 mile per jam (Mach 0.92)
Atap45,100 feet (13,746 meter)
Berat Maximum Takeoff833,000 pound (374,850 kilogram)
Daya Jangkau12,550 kilometer
Awak Kabin26 (penumpang/kapasitas kabin: 102)

Interior Air Force One


Ruang dalam pesawat kepresidena amerika ini di bagi atas tiga tingkatan. Lantai dasar sebagai ruang kargo untuk menyimpan berbagai kebutuhan selama perjalanan presiden Amerika. Lantai dua merupakan ruang penumpang yang mirip dengan hotel mewah. Sedangkan lantai tiga merupakan tempat peralatan komonikasi.

Karena basis pesawat ini adalah boeing 747-200 di perkirakan pesawt kepresidenan ini memiliki beberapa ruangan seperti:
  • Ruang staf kepresidenan
  • Dapur
  • Ruang konferensi pers dan ruang makan
  • Ruang presiden lengkap dengan ruang kerjanya
  • Ruang awak pesawat lengkap dengan ruang tidurnya.
Keistimewaan Air Force One


Karena pesawat ini di pakai oleh presiden Amerika yang kita tahu sering melakukan perjalanan dinas dari satu negara kenegara lain, tentu pesawat ini harus i lengkapi dengan berbagai fasilitas kelas atas agar sang presiden bisa merasa aman dan nyaman.

Untuk memenuhi kebutuhan pangan untuk 100 penumpangnya, peswat ini dilengkapi dengan 2 dapur. Stock makana di simpan pada frezeer di lantai dasar. Cadangan makanan sanggup mensuplai untuk 2000 porsi.

Pesawat juga di lengkapi dengan fasilitas ruang medis lengkap dengan meja operasi dan dokter kepresidenan. 85 sambungan telepon, 19 televisi, mesin fax, serta koneksi internet.

Panjang kabel peralatan elektronik pesawat kerpesidenan ini 238 mil atau dua kali lebih panjang dari pesat normal. Kabel-kabel ini di lindungi dengan sejenis lapisan agar mampu menahan gelombang kejut gelombang elektromagnetik saat terjadi ledakan nuklir.

Untuk pertahanan diri pesawat ini di lengkapi dengan electronic counter measures (ECM) untuk men jam (acak) radar musuh saat di serang. Selain itu pesawat juga di lengkapi dengan flares untuk mengecoh rudal musuh.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Robot Militer Dengan Fitur Beragam


KERJA sama manusia dengan robot terus berkembang. Selain industri dan hiburan, kolaborasi itu juga dilakukan di bidang militer. Salah satu yang menarik adalah robot bernama Chaos. Robot militer tersebut dibuat untuk membantu kerja para tentara di medan berat.


Robot militer memang dirancang guna memudahkan tugas prajurit. Terutama, mengurangi risiko ketika memasuki daerah-daerah berbahaya. Robot Chaos kali pertama diperkenalkan dan digunakan dalam serangkaian operasi Cobra Gold. Operasi itu merupakan kerja sama dari beberapa negara. Yakni, Amerika Serikat, Thailand, Singapura, Indonesia, dan Jepang.


Robot militer itu mampu dioperasikan pada medan-medan berat. Antara lain, dataran yang curam atau bahkan pada permukaan tanah yang kurang stabil. Chaos si robot militer memiliki empat trek kemudi independen yang bisa diubah-ubah arahnya hingga 360 derajat.


Chaos juga bisa melewati dataran yang tidak rata. Hal itu dimungkinkan karena adanya fitur unik dalam robot tersebut. Yaitu, kemampuan untuk mengubah arah putaran roda, berguling, dan tetap berjalan meskipun dalam keadaan oleng.


Chaos juga bisa difungsikan untuk beberapa hal. Yakni, membuat lingkaran penjagaan, mencari korban atau titik persembunyian musuh, mengambil subjek di medan lawan, serta dimanfaatkan sebagai penyuplai logistik.


Chaos memiliki kapasitas muatan cukup besar. Ia dapat mengangkut beban hingga 50 pon atau sekitar 25 kilogram. Lengan-lengannya dapat digerakkan hingga jarak jangkau maksimum 72 inci atau sekitar 182,9 cm.


Selain itu, tidak seperti robot pada umumnya, Chaos didesain dengan ukuran yang relatif kecil. Bobotnya juga terbilang cukup ringan. Dengan bobot itu, Chaos bisa dengan mudah dipindahkan. Baik menggunakan kendaraan maupun diangkut dua orang. Bentuknya yang simpel memudahkan penyimpanan, perawatan, maupun perbaikan.


Chaois dilengkapi Joint Architecture for Unmanned Systems (JAUS) compatible software. Tujuan ditambahkannya perangkat tersebut adalah agar sang robot mudah dimodifikasi. Penambahan berbagai sensor atau alat-alat robotik dapat juga dilakukan dengan mudah.


Chaos akan dioperasikan angkatan laut dalam sebuah skenario percobaan. Yaitu, robot mulai dipertimbangkan sebagai mitra menguntungkan. Dua insinyur akan melakukan uji coba pada robot itu.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Rudal Patriot


Untuk urusan rudal Amerika memang jagonya, salah satunya rudal Patriot yang unjuk unjuk kebolehannya semasa Perang Teluk 1991, kala Angkatan Bersenjata AS berusaha mengusir kekuatan Irak dari Kuwait. Patriot berhasil merontokan 70 persen rudal Scud yang diluncurkan Irak ke Kuwait dan Arab Saudi, langsung di udara.

Rudal Patriot memang di rancang oleh pabrikan Raytheon untuk mampu menghancurkan rudal musuh di udara. Untuk itu rudal Patriot harus memiliki kecepatan yang mumpuni dan ketepatan yang akurat.


Karena tugasnya yang rumit, rudal Patriot dilengkapi dengan seabrek perlenkapan. Mulai dari rudal patriot itu sendiri, radar, peluncur rudal, pusat kendali serta sumber tenaga.

Cara kerja rudal patriot.


  1. Radar diaktifkan dan menindai seluruh objek dalam jangkauannya, baik itu pesawat maupun rudal.


  2. Ruang kendali akan mengenali objek apa yang ada dalam jangkauan rudal, jika teman di layar radar akan terlihat kode-kode tertentu yang selalu berubah setiap hari. Bila lawan yang tidak memancarkan kode-kode tertentu maka operator rudal akan mempersiapkan penembakan.


  3. Setelah lawan di ketahui, data rudal berupa posisi dan trayektori dari ruang kontrol peluncur rudal siap diluncurkan dalam waktu 9 detik, peluncuran dapat di kendalikan dari ruang radar.


  4. Rudal patriot siap melabrak sasaran dalam jarak 16 sampai 32 km dengan kecepatan menanjak 700 sampai 1400 m/detik.
Spesifikasi Rudal Patriot
  • Panjang rudal 5,2 meter
  • Diameter rudal 41 cm
  • Jangkauan 70 km
  • Berat 900 kg
  • hulu ledak 91 kg
  • 4 sirip berbentuk delta dengan diameter 85 cm
  • Pendorong Single-stage solid fuel rocket motor
  • Keepatan 5 mach                                                                                                                                                                            
  • ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kekuatan Angkatan Udara Malaysia



Angkatan udara Malaysia atau yang lebih dikenal dengan tentara udara diraja Malaysia (TDUM) merupakan bagian dari struktur angkatan bersenjata malaysia. TDUM pertama kali dibentuk di tahun 1958 dengan nama Tentera Udara Diraja Persekutuan dan sekaran gberkembang menjadi angkatan udara yang cukup di segani di kawasan Asia.


Dalam urusan pesawat tempur, angkatan udara malaysia tak mau ketinggalan mulai dari pesawat latih Aermacchi MB 339CD sampai pesawat tempur super canggih seperti, Mig, F/A-18 HornetD dan Sukhoi Su-30MKM di miliki oleh malaysia.


Dan untuk memobilisasi pasukannya angkatan udara malaysia juga di perkuat oleh pesawat angkut berat pasukan Lockheed C-130H-30 Hercules, pesawat untuk pengisi bahan bakar di udara (refueling) Lockheed KC-130T, Airtech CN235-220M yang digunakan untuk latihan terjun payung, dan berbagai jenis lainnya.


Dan untuk pesawat intai maritim, angkatan udara malaysia dilengkapi dengan 2 Lockheed PC-130H-30-MP Hercules (untuk intai di perairan luas), empat Beechcraft Super King Air B200T MPA (untuk intai di pesisir pantai), dan tiga pesawat intai tak berawak jenis Eagle 150.


Armada helikopter TDUM terdiri dari berbagai jenis 28 x Sikorsky S61A-4 Nuri (pengangkutan), 6 x Sikorsky S61A-4 Nuri (operasi SAR), 2 x Agusta Sikorsky AS61A-N1 (angkut VIP), 2 x Sikorsky S-70 Black Hawk (Pengangkutan VIP) , dan yang teranyar 10 heli angkut dengan persenjataan lengkap M1-17.


Jumlah personel angkatan udara malaysia ini di perkirakan 15. 000 orang yang tersebar di dalam tiga divisi dan satu pangkalan. Divisi utama dibagi dalam beberapa skadron yang terletak di beberapa negara bagian
  • 2 skadron Fokker F-28 Fellowship, Falcon 90, Global Express, Boeing BBJ Subang AFB
  • 3 skadron S-61A4A Nuri Butterworth AFB
  • 6 skadron BAE Hawk 108/Hawk 208 Kuantan AFB
  • 10 skadron S-61A4A Nuri Kuala Lumpur AFB
  • 18 skadron Su-30MKM Flanker Gong Kedak AFB
  • 12 skadron Northrop F-5E, F-5F, RF-5E Butterworth AFB
  • 15 skadron BAE Hawk 108/Hawk 209, Aermacchi MB-339AM Butterworth AFB
  • 16 skadron Beech 200T Subang AFB
  • 18 skadron Boeing F/A-18D Hornet Butterworth AFB
  • 19 skadron MiG 29N/UB Kuantan AFB
  • 20 skadron Lockheed C-130H Hercules, C-130T Subang AFB
  • 21 skadron CN-235-200M Subang AFB
Sedangkan divisi kedua berada di Kucing dan Labuan.
  • 5 skadron S-61A4A Nuri Labuan AFB
  • 7 skadron S-61A4A Nuri Kuching AFB
  • 14 skadron Lockheed C-130H Hercules Labuan AFB
Divisi training yang digunakan untuk mengasah kemampuan prajurit angktan udara malaysia terletak di
  • 5 skadron S-61A4A Nuri Labuan AFB
  • 7 skadron S-61A4A Nuri Kuching AFB
  • 14 skadron Lockheed C-130H Hercules Labuan AFB
Dalam urusan mata dan telinga, angkatan udara malaysia dilengkapi dengan radar canggih swa gerak jenis N-22 buatan Polandia dan AWACS yang harganya US$260 juta per unit.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cara Kerja Senjata Laser

Untuk mengetahui bagaimana cara laser bekerja sebaiknya kita pahami apa itu laser. Yang perlu di ingat laser adalah sumber cahaya. Coba kita lihat cahaya disekeliling kita, contohnya lampu pijar. Lampu pijar mengirim gelombang cahaya ke berbagai arah.
Gelombang cahaya ini mirip dengan gelombang air yang punya puncak dan lembah, titik tertinggi dan terendah. Jika kita mampu melihat gelombang cahaya dari lampu pijar tersebut, kita akan melihat gelombang yang datang mengenai kita terus menerus. Cahaya putih yang kita lihat itu merupkan kombinasi dari banyak frekwensi cahaya.


Bandingkan dengan lampu senter, cahayanya lebih fokus dari pada lampu pijar yang tergantung di langit -langit rumah. Cahaya senter ini masih terdiri dari banyak frekwensi cahaya bedanya pergerakan gelombang lampu senter dalam satu arah.


Kalau laser lebih fokus lagi dari lampu senter. Laser terbuat dari satu panjang gelombang cahaya yang puncak kepuncak dan lembah kelembahnya selalu sinkron. Jadi gelombang cahayanya tidak menggangu gelombang cahaya yang lainnya. Karena laser sangat fokus, maka ia dapat menjangkau jarak yang sangat jauh. Dan yang lebih penting lagi daya yang dihasilkan laser antara 1.000 sampai 1.000.000 kali lebih kuat dari bola pijar, bayangin aja panasnya!


Laser untuk senjata meliter


Ada beberapa jenis laser yang digunakan dalam industri militer, tapi yang sangat dikembangkan adalah free electron laser (FEL) yang terdiri dari electron injector, a particle accelerator and a magnetic undulator or wiggler. Cara kerja senjata laser tipe ini adalah:
  • electron injector menginjeksikan elektron bebas ke partcle accelerator
  • particle accelerator akan mengakselirasi elektron samapi kecepatan cahaya (300.000 km/detik)
  • elektron akan berpindah ke undulator dengan serangkain magnet
  • didalam wiggler elektron akan berosilasi maju mundur, Saat membelok elektron akan memancarkan cahaya dengan panjang gelombang yang spesifik
  • Penempatan magnet didalam wiggler akan mengontrol panjang gelombang yang dipancarkan. Laser jenis ini dapat diatur dengan cara mengatur jarak magnetnya.
Nah begitulah kira-kira cara kerja senjata laser, kalau mau tahu lebih banyak tentang jenis-jenis laser dan jenis-jenis senjata laser silahkan sobat kunjungi situs berikut ini . thetech danhowstuff
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kapal Selam Indonesia
Bicara tentang kapal selam Indonesia ingatan kita tentu bernostalgia kemasa lampau. Saat itu, di tahun 60 an Angkatan laut Indonesia merupakan yang terkuat no 2 di Asia sesudah Cina. Bagai mana tidak, saat itu Indonesia telah memiliki 12 kapal selam kelas Whiskey dari Unisoviet (sekarang Rusia). Dengan armada kapal selam sebanyak itu tentu angkatan laut memiliki kekuatan yang menakutkan bagi negara lain.


Kapal selam Indonesia datang pertama kali pada tanggal 12 September 1959 sebanyak dua buah dan diberi nama RI Tjakra dan RI Nanggala. Kapal selam dibawah divisi 101 ini diperkenalkan pada hari angkatan perang pada tanggal 5 Oktober di teluk Jakarta.


Sebagai penanda, setiap kapal selam diberi nomor lambung dengan kode empat kosong sekian. Mulai dari 401 hingga 412. Sayang kiprah kapal selam buatan rusia ini tidak bertahan lama karena kurangnya dana dan putusnya hubungan diplomatik saat itu.


Di tahun 1981, Angkatan laut kedatangan 2 kapal selam tipe 209/300 buatan Jerman sebagai pengganti tugas kapal selam buatan Rusia. Kapal selam ini di beri nomor lambung yang sama dengan pendahulunya RI Tjakra dan RI Nangala yaitu 401 dan 402.
Untuk memperbaiki kinerja KRI Cakra melakukan overhaul (perbaikan total) di galangan kapal Korea pada tahun 2004. Untuk mengembalikan kinerjanya sekitar 80%, Angkatan Laut mesti merogoh kocek $60 juta dan menunggu selama 22 bulan.

Overhaul itu meliputi perbaikan bangunan kapal, peralatan navigasi, peralatan komunikasi, sistem kendali senjata, disel generator, tangki ? tangki-tangki, dan peralatan sensor(radar dan sonar), serta penggantian sejumlah komponen radar dan sonar dengan peralatan baru. Overhaul ini diselesaikan pada bulan Februari 2006.

Di tahun 2008, Angkatan Laut juga berencana meng- overhaul KRI Nanggala untuk meningkatkan daya tempurnya, karena daya tempurnya telah berkurang dibawah 50%. Sebagai pemenag tener tiga perusahaan masing-masing HDW Jerman, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co Ltd (DSME), dan PT PAL. Sampai tulisan ini diturunkan Dephan belum menunjuk siapa pemenang tendernya.

Kita harapkan dimasa depan pemerintah bisa menambah kapal selam, karena laut kita sangat luas dan perlu dijaga. Dan untuk awak kapal selam Indonesia, teruslah menjaga Indonesia sesuai dengan motto anda "Tabah sampai akhir".
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jenis - Jenis Kapal Selam


Di zaman sekarang ini kapal selam masih menjadi salah satu arsenal tempur yang masih ditakuti. Kemampuan kapal selam yang bisa menyerang secara diam - diam sehingga sulit terdeteksi lawan, kemudian menghilang dengan cepat. Berikut ini beberapa tipe kapal selam baik yang bertenaga diesel maupun nuklir.


Urusan kapal selam memang dua negara ini, Amerika dan Rusia memang masih yang terbaik, karena mereka punya segalanya, baik teknologi maupun pendanaan.
Kilo

Kapal selam buatan Rusia ini dibangun sekitar tahun 1980 dan banyak diekspor ke berbagai negara. Kapal selam berbobot 3000 ton jika menyelam ini di awaki oleh 60 orang kru. Kapal selam sepanjang 70 meter ini dilengkapi dengan dua generator diesel, motor elektrik dan baling-baling tunggal enam bilah. Kapal selam ini di persenjatai dengan enam tabung torpedo kaliber 21 inci dan mampu melaju 16 knots waktu menyelam, bila dipermukaan 12 knots.

Tipe 209

Kapal selam buatan Jerman ini berbobot selam 1440, bobot permukaan 1320, dengan panjang 61 meter. Dengan mesin empat generator diesel MTU, sebuah motor elektrik dan baling-baling tunggal. Kapal selam yang dilengkapi dengan peluncur torpedo 21 inci ini mampu melaju di kedalaman dengan kecepatan 22 knot.

Typhoon

Di era tahun delapan puluhan kapal selam rusia ini menjadi kapal selam terbesar didunia. Bagai mana tidak, kapal selam yang diawaki oleh 150 kru ini berukuran super besar dengan panjang 170 meter dan bobot selam 30.000 ton. Kapal selam ini mampu melaju 24 knots karena dilengkapi dengan dua unit reaktor dengan dua unit baling-baling.

Dalam urusan persenjataan, kapal selam ini ditakuti karena dilengkapi dengan rudal balistik SS-N-20 Sturgeon yang mampu menghajar kota-kota penting di Amerika. Selain itu Kapal selam inijuga dilengkapi dengan delapan unit tabung torpedo.
Ohio

Untuk menandingi Rusia dalam bidang pertahanan, amerika pun menciptakan monster laut yang menakutkan juga. Kapal selam nuklir ini diawaki oleh 160 kru dan dilengkapi rudal balistik Trident yang sanggup menghantam kota-kota penting di Rusia.


Kapal berbobot selam 18.750 ton, dan panjang 170 meter dilengkapi dengan sebuah reaktor S8G dengan baling-baling tunggal sehingga mampu melaju dengan kecepatan sekitar 20 knots. Selain dilengkapi dengan 24 pelontar vertikal rudal balistik kapal selam ini juga dipersenjatai dengan empat tabung torpedo.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pesawat Tempur Cina


Bicara tentang pesawat tempur, cina jangan dianggap enteng. Negara tirai bambu tersebut telah berhasil membuat pesawat tempur dengan kemampuan sendiri.

Kemampuan pesawat tempur cina yang satu ini cukup disegani karena kemapuannya bisa disetarakan dengan pesawat tempur buatan amerika maupun cina.

Jianjiji - 8 (J-8) merupakan pesawat tempur yang dibuat oleh Shenyang Aircraft Factory di era perang dingin pada tahun 1964. Pesawat tempur cina ini pertama kali terbang pada 5 Juli 1969. Jianjiji bersayap delta dan berkursi tunggal sangggup terbang Mach 2,2 melebihi kemampuan pesawat tempur yang diciptakan dimasa itu.

Pesawat tempur Cina ini terus dikembangkan dengan berbagai varian J-8, J8I, J8II, J8-IIM, J8D, J8C, J-10, dan varian terakhir J-12 yang rencananya siap tahun 2013. Sebagai gambaran penempur Cina ini sangat menakutkan karena mengusung teknologi canggih dari Rusia.

Kemampuannya mengendus target sejauh 90 km dilengkapi dengan Radar Zhuck - 8II yang mampu menangkap 10 target dan mampu mengunci dua diantaranya. Dengan radar ini, Jianjiji memiliki kemampuan tempur di balik cakrawala (beyond visual range).

Persenjataan pesawat tempur Cina ini juga mengusung peluru kendali R-77 yang biasa digotong Sukoi. Di tahun 2001 setidaknya Cina telah menggunakan J-8 dengan teknologi rusia sekitar 100 unit. Pesawat dengan berat kosong 10371 kg, bentang sayap 9,34 meter, panjang 21,5 meter dan dilengkapi dengan dua mesin turbo jet Liyang Wopen-13BII.
Pesawat tempur Cina ini sempat menghebohkan saat mencegat pesawat intai Amerika EP-3A Aries II di perairan Cina selatan. Tabrakan kedua pesawat ini sempat memanaskan hubungan Cina dan Amerika.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Reaktor Nuklir Kapal Selam

Kapal selam nuklir memang memiliki banyak kelebihan. contohnya USS Nautilus yang diluncurkan pada tahun 1954 bahan bakarnya diganti setelah menempuh jarak 111.ooo km atau setelah tiga tahun! Atau kapal selam kelas Ohio yang bisa beroperasi sembilan tahun non stop.


Berikut ini reaktor nuklir kapal selam yang umum digunakan oleh Amerika Serikat. Jenisnya yaitu reaktor air bertekanan (pressurized water reactor).


Reaktor nuklir kapal selam ini dilindungi dengan dinding pemisah (shielded bulkhead). Didalam dinding pemisah ini ditempatkan reaktor, pompa pendingin utama dan generator uap. Air digunakan untuk mendinginkan reaktor nuklir agar bekerja dalam keadaan aman.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kapal Selam


Kapal selam merupakan salah satu arsenal militer yang sangat menakutkan bagi negara manapun. Kapal selam dapat menyerang dan menghilang ditengah samudra yang maha luas.

Untuk itu negara seperti Amerika dan Rusia berlomba-lomba dalam menciptakan kapal selam dengan teknologi yang mumpuni. Mulai dari kapal selam konvensional sampai kapal selam dengan tenaga nuklir. (klik gambar 2 kali untuk memperbesar.)

Untuk mengenal kapal selam lebih dekat, dibawah ini merupkan detail atau anatomi dari kapal selam virginia milik amerika serikat.

Untuk melindungi seisi kapal selam dari tekanan yang sangat kuat pada kedalaman laut yang bisa 800 kaki. Lambung kapal selam dilindungi dengan logam kuliatas tinggi.
Kubah haluan kapal selam terdapat paling depan terbuat dari komposit sehingga gelombang suara bisa menerobos masuk sampai kebola sonar.Bola sonar berfungsi untuk mendeteksi gelombang suara yang dihasilkan oleh suatu benda atau kapal selam lawan dari jarak yang jauh.Torpedo merupakan senjata kapal selam untuk menghancurkan musuhnya. Torpedo bekerja dengan bantuan pompa turbin. Pompa ini memompa air masuk kedalam tabung pelontar sesaat sebelum torpedo diluncurkan.

Untuk meningkatkan kemampuan tempurnya, kapal selam ini juga dilengkapi dengan penyerang darat dengan selusin penyerang vertikal (VLS). Dengan alat ini, kapal selam memiliki kemampuan dalam serang darat.
Tangki ballast/trim merupakan alat untuk menyelam dan mengambang. Tangki ini terletak pada bagian depan dan belakang kapal selam. Untuk menyelam kapal selam mengisi tangki ini dan untuk mengambang di permukaan laut, air dipompa keluar dari tangki ini. Dan untuk menjaga keseimbangan saat menyelam kapal selam dilengkapi dengan tangki drim.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Desain Kapal Induk


Di era perang teluk kita sering menyaksikan dilayar kaca kemampuan kapal induk dalam memobilisasi pasukan. Bayangkan saja, 300.000 ribu pasukan Amerika yang menduduki Irak membutuhkan peralatan yang banyak. Mulai dari pesawat, tank, altileri, dll. Semua itu sebagian besar di suplai oleh kapal induk.
Kapal Induk diperkirakan mampu mengangkut sekitar 80 pesawat dari berbagai tipe , 2000 awak, 4000 berbagai macam bom, plus bahan makanan. Jenis –jenis pesawat yang dingkut (khusus kapal induk Amerika) ada sekitar enam tipe yaitu, F/A-18 Hornets, F-14 Tomcats, SH-60 Seahawks, S-3B Vikings, E-2C Hawkeyes and EA-6B Prowlers.
Desain Kapal Induk


Primary Flight Control (pri-ply) adalah menara kontrol yang mengatur seluruh operasi penerbangan. Di menara seluruh pergerakan pesawat dipantau baik saat takeoff, landing maupun pergerakan disekitar kapal induk
Bridge merupakan ruang kontrol utama saat kapal induk berlayar. Semua perintah yang mempengaruhi seluruh pergerakan kapal, di instruksikan oleh Officer of the Deck (OOD) dari tempat ini. OOD mengawasi selama 4 jam dan bertanggung jawab atas keamanan dan operasi kapal induk, termasuk navigasi, komonikasi, inspeksi dan tes rutin dan mengawasi seluruh team. Juru mudi (mengendalikan kapal) dan juru mesin (mengendalikan mesin) yang diawasi oleh seorang kepala kelasi melakukan aktifitasnya diatas brige.


Second deck merupakan tempat awak kapal induk beraktifitas. diruangan ini tempat makan, cafetaria dan dapur umum.
Third deck tempat bengkel, loundry, ruang kesehatan, tempat alat ruang pendingin, telepon umum (untuk awak).Engine room merupakan tempat mesin, bahan bakar. areal ini merupakan areal yang sangat terjaga karena merupakan jantungnya kapal induk.
Deck adalah permukaan yang datar diatas kapal tempat takeoff dan landing pesawat tempur
Hangar deck adalah area dibawah deck yang digunakan untuk menyimpan pesawat (memuat 70-80 pesawat )
Catapult merupakan alat untuk melontarkan pesawat sebelum takeoff. dengan empat buah catapult kapal induk dapat menerbangkan satu pesawat setiap 20 detik. Catapult terdiri dari piston besar (300 kaki) yang dibenamkan di dalam deck, pada permukaan deck hanya berupa peralatan kecil yang dipasang pada roda depan pesawat (plane's nose gear ). Alat ini yang akan melontarkan pesawat dengan akselerasi 0-160 knot dalam 2 detik.




Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Teknologi Militer"

Posting Komentar

Buat siapa saja yang suka dengan artikel saya, silahkan anda share di mana saja anda suka (blog, facebook, twitter dll). Namun, bila berkenan mohon cantumkan link sumber dari artikel yang sobat blogger share (copy/paste). Mari bangun Indonesia lebih baik lagi, dengan berbagi informasi yang bermanfaat. Terima kasih,,^o^
======================================================

Next Prev home