Minggu, 04 Maret 2012

Merayakan Iduladha dengan Pencak Silat


  Merayakan Iduladha dengan Pencak Silat Ada yang unik digelar warga Desa Taman Suruh, Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur, dalam merayakan Hari Raya Iduladha. Selain ritual kurban, warga desa menggelar pertunjukan pencak silat tradisional antarkampung.

Suara musik khas pencak silat yang ditabuh membuat suasana pertandingan semakin meriah. Pertunjukan ini merupakan rangkaian ritual bersih desa yang selalu digelar warga Taman Suruh setiap Iduladha. Para pesilat datang bukan hanya dari Banyuwangi, tetapi juga dari luar daerah seperti Jember dan Madura.

Pertunjukan ini sebagai upaya meminta berkah kepada Tuhan agar terhindar dari bahaya. Pertunjukan ini juga sebagai ajang silaturahmi antarpara pesilat tradisional. Dengan pagelaran ini diharapkan pencak silat tetap lestari.(JUM)

Banjir, Puluhan Sekolah Diliburkan


  Banjir, Puluhan Sekolah Diliburkan Banjir di Pandeglang, Banten, melumpuhkan aktivitas belajar di sekolah dasar. Di Kecamatan Sukaresmi, sebanyak 25 dari 29 sekolah dasar diliburkan karena sekolahnya terendam banjir.

Salah satunya SDN Sidamukti 3 Pandeglang. Ketinggian air di halaman sekolah yang mencapai satu meter lebih membuat kegiatan belajar mengajar, Senin (16/1) lumpuh.

Sejak Jumat air terus meninggi dan hingga hari ini belum surut. Petugas sekolah yang datang hanya bisa mengamankan bangku sekolah agar tidak terendam.

Para siswa yang tahu kondisi sekolahnya terendam memilih tidak masuk. Apalagi rumah mereka juga turut kebanjiran akibat luapan Sungai Ciliman dan Cilemer. Sekolah diliburkan karena tidak ada tempat lain yang bisa digunakan untuk belajar.

Banjir juga merendam lebih dari 10.000 rumah di 11 kecamatan di Pandeglang bagian selatan. Selain dipicu tingginya intensitas hujan, banjir juga diperparah dengan air pasang laut sehingga pembuangan air dari sejumlah sungai besar di Pandeglang ke kawasan laut tersendat.

Permukiman yang terendam merupakan perkampungan yang berada di sisi bantaran sungai atau dekat pesisir laut. Dari puluhan desa yang terendam sebagian dilaporkan masih terisolasi.(IAN)
Next Prev home