Senin, 05 Maret 2012

Ilmuwan Jepang buat Robot Cantik

Profesor asal Jepang Hiroshi Ishoguro membuat android (robot manusia) berjenis kelamin wanita yang mampu tertawa dan tersenyum sama persis dengan mimik ekspresi manusia.














Dengan menggunakan sistem sensor gerak, robot yang disebut sebagai Geminoid TMF bisa menggerakkan wajah karetnya untuk meniru sebuah senyum, gigi yang mengembang dan ekspresi muram dengan alis berkerut.

Profesor Ishoguro, seorang profesor di Universitas Osaka mengembangkan android dengan sebuah tim peneliti bersama pembuat robot Kokoro.

Geminoid TMF adalah model gadis Jepang muda. "Saya merasa seperti memiliki saudara kembar," ujar wanita yang wajahnya dibuat android.

Para pengembang mengatakan mereka mengharapkan robot nantinya akan bisa digunakan dalam situasi kehidupan nyata, seperti di rumah sakit.

"Kami telah memperoleh data yang menunjukkan bahwa robot memberikan kepada pasien keamanan psikologis dengan menganggukkan kepala dan tersenyum kepada mereka, ketika pasien dicek oleh dokter," ujar Juru Bicara Kokoro, Satoko Inoue.

"Sebuah teknologi baru selalu menciptakan ketakutan dan opini negatif, tetapi peneliti ingin membuat robot yang bisa mengekspresikan hal yang serupa dengan emosi manusia," ujar Profesor Ishiguro.

Geminoid TMF dilengkapi dengan 12 penggerak, didukung oleh tekanan udara dan gerakannya bisa disinkronisasikan untuk meniru keberadaan manusia asli.

Profesor Ishiguro telah mendesain beberapa robot yang sangat mirip dengan manusia beberapa waktu sebelumnya, bahkan membuat satu yang menggambarkan dirinya sendiri.

Profesor mengatakan bahwa suatu saat robot akan bisa menipu manusia dengan berpura-pura bahwa mereka adalah manusia.

http://timetotalks.blogspot.com/2010/04/ilmuwan-jepang-buat-robot-cantik.html
Next Prev home